Pasang Gcam (Google Camera) Sony Xperia XZ Aosp Rom

Hai borther gimana dengan hari ini semoga apa yang agan cita citakan dapat tercapai kali ini mimin akan share sebuah tutorial cara pasang google camera atau bahasa kerennya gcam pada ponsel sony xperia xz baik versi global, docomo atau versip japan lainnya dimana kamera gcam ini seolah menjadi primadona bagi para user android yang suka akan seni fotograpy karena keunggulan fitur dari gcam yang mungkin banyak dirasakan oleh penggunanya.

Kali ini mimin akan sharing cara pasang google kamera untuk ponsel sony xeprai xz kenapa dibikin tutorial karena pemasangn gcam itu agak sedikit berbeda tidak semua ponsel begitu di instal gcam bisa langsung berjalan ada yang tidak bisadibuka ada yang hanya setengah fitur atau bahkan ada yang malah terjadi error pada kamera bawaan karena kesalahan setting gcam pada ponsel yang dipasang, Gcam ini mempunyai beberapa fitur yang menjadi primadona seperti fitur bokeh panorama serta fitur mode malam yang tampak lebih jelas dibanding aplikasi kamera bawaan standar ponsel itu sendiri.

Keunggulan Gcam dibanding aplikasi kamera Bawaan.
1. Bisa mengambil gambar dengan sudut 360 derajat
Dengan gcam kita bisa mengambil gambar hingga sudut 360 derata atau biasa disebut dengan fitur kamera spare jadi jika ponsel agan sudah terpasang gcam dan benar benar berjalan lancar maka bisa memanfaatkan fitur ini untuk memotret ruangan secara keseluruhan bukan hanya 180 derajat seperti panorama foto spare ini bisa mengambil foto keatas kebawah bahkan hingga kebelakang dalam satu bingkai foto kalau penasaran silahkan dicoba pasang gcam hehe..

2. Fitur lebih simple dan sederhana
Aplikasi gcam ini juga lebih simple untuk di gunakan dan tidak ribet untuk setting setting berbeda denga aplikasi kamera pada umumnya.

3. Panorama 
Mungkin fitur ini tidak hanya muncul pada gcam tap pada aplikasi kamera bawaan ponsel juga suka muncul fitur panorama meski sebagian ponsel xiaomi fitu panorama ini sudah hilang dengan memasang gcam ponsel yang tidak ada menu panorama bisa dimenggunakan fitur ini dimana panorama kamera ini memungkinkan kita mengambil objek kesamping kiri atau kanan tanpa batas bisa sampai 180 derajat namun hanya vertikal saja.

4.Foto Bokeh atau blur
Fitur yang satu ini yang paling dicari terutam untuk ponsel yang kamera nya tidak mempunyai fitur boke layaknya android one bisa menggunakan gcam agar ponsel kita terlihat sedikit canggih seperti ponsel ponsel sekarang yang sudah ditanam fitur dual camera belakang.

Cara Pasang Gcam (google camera) Sony Xperia XZ
  1. Pertama pastikan ponsel kita sudah berada pada custom rom aosp kalau belum silahkan baca tutorail cara update rom aosp pie untuk sony xperia xz pada postingan ini.
  2. Download Gcam yang cocok untuk sony xz disini saya sarankan pili versi  6.1.021  pada link https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/
  3. Simpan pada sdcard atau internal lalu instal seperti biasa dan jalankan
  4. Harusnya dengan gcam versi diatas cocok dengan ponsel sony xperia xz dengan os aosp atau customrom lain silahkan dicoba tidak adasalahnya karena tidak akan menyebabkan bootloop.
  5. Selesai.

Dengan gcam ini ponsel anda akan terliat sedikit lebih mewah hasil jepretannya dan semoga selamat mencoba dan ingat selain dari kelbihan kelebihan diatas gcam juga mempunyai beberapa hal negatif atau kurang di sukai yaitu tidak ada menu timerpada gcam dan tidak bisa dipasang pada os dibawah kitkat dan tidak ana mode malam namun meski tidak ada mode malam dengan kamera gcam ketika diambil pada susana malamhari agak berkurang noisnya atau bercak putih pada kamera.