Root Dan TWRP Sony Xperia XZ / DOCOMO S0-01J

Sony xperia xz agan sudah merasa sangat lemot atau terlalu monoton dengan tampilan yang begitu saja mungkin akan butuh sedikit refresing dengan cara melakukan pergantian rom dengan rom modifikasi seperti custom rom miui dari xiaomi, custom rom lineage (khusus gamer) dan custom rom lain yang banyak beredari di forum xda untuk sony xperia xz atau seri docomonya dengan kode S0-01J ini.

Tapi agar ponsel agan bisa dimodifikasi dengan bebas seperti di custom rom, ganti tampilan font, hapus aplikasi bawaan dan edit edit system secara bebas tentu ponsel sony xz kita mesti mesti bisa mengkases root karena tanpa akses rooting hal ini akan mustahil untuk dilakukan mengingat semua ponsel sony xperia baik type xz dan type sony lainnya membatasi pergerakan user biasa dengan akses yang hanya sebatas user system berbeda dengan administrator yang bisa membas mengedit, menghapus atau melakukan modifikasi pada ponsel itu sendiri.

Maka ada dua hal yang sangat penting khusus bagi ponsel yang hendak di oprek yaitu root dan twrp kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain dimana terkadang ponsel bisa dirooting kalau sudah terpasang twrp atau sebaliknya pemasangan twrp lewat ponsel syaratnya harus ponsel sudah terakses rooting tergantung type system ponsel itu sendiri, nah untuk ponsel sony khususnya xperia xz ini hal utama yang harus dilakukan adalah pemasangan twrp dulu dengan komputer baru nanti jika twrp sudah terpasang kita bisa melakukan prosese rooting lewat twrp denan ponsel secara langsung tanpa perantara komputer atau PC.

Lakukan UBL Unlock Bootloader
Namun ada syarat yang paling utama yang mana tidak semua ponsel sony xperia ini bisa memenuhi syarat ini yaitu unlock bootloader dimana proses ubl ini bisa kita lakukan jika ponsel kita mendukung untuk di ubl nah untuk mengetahui apakah ponsel kita memenuhi syarat atau tidak caranya cukup mudah dan simpel agan tinggal dial *#*#7378423#*#* kemudian cari service info > Configuration >Rooting status kalau tulisannya Bootloader unlock allowed says Yes berarti ponsel agan mendukung untuk di UBL namun jika tulisanya Bootloader unlock allowed says No berarti agan tidak bisa melakukan UBL dengan kata lain ponsel agan tidak bisa di pasang twrp recovery lewat custom kernal yang artinya ponsel agan tidak bis dirooting lewat twrp recovery karena terhambat status ubl yang no.

Instal TWRP Sony Xperia XZ

  1. Download bahan twrp pada  forum xda ada beberapa file yang harus didownload
  2. Simpan semua file pada folder adb fastboot ( kalau adb fastboot belum terpasang pada komputer silahkan di pasang dulu)
  3. Matikan ponsel sony xperia xz yang sudah di ubl tadi lalu masuk ke mode fastboot caranya mudah dalam keadaan mati tahan tombol volume atas sambil ponsel disambungkan ke komputer lewat kabel data
  4. Maka kalau sudah ada leb biru itu artinya ponsel sudah masuk menu fasatboot (pastikan driver fastboot sudah terpasang)
  5. Buka adb fastboot yang mirip seperti tampilan cmd kemudian ketikan perintah: fastboot flash recovery namatwrp.img(untuk nama twrprecovery.img disini kalau gak salah twrp-3.3.1-0-kagura.img tergantung twrp yang agan download versi lama atau baru jadi perintah nya kurang lebih menjadi seperti ini ; fastboot flash recovery twrp-3.3.1-0-kagura.img
  6. Lalu ketikan lagi perintah : fastboot reboot
  7. maka ponsel berhasil di pasang TWRP lewat mode fastboot


Rooting Sony Xperia XZ Via TWRP

  1. Simpan file magisk dalam kartu memory pada forum xda pada link diatas
  2. Kemudian masuk ke twrp mode sony xperia XZ
  3. Cari pilihan Install kemudian arahkan pada sdcard dimana file magisk zip tersimpan
  4. Kemudian pilih Instal magisk zip tersebut dan biarkan proses berjalan kalau sudah ada tulisan succes tingal di pilih menu reboot system 
  5. Selesai.