Cara Root Sony Xperia XZ/XZS Tanpa PC

sobat semua alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa menyempatkan update kembali untuk memberikan sedikit tips dan trik atau tutorial khusus ponsel sony dimana pada kesempatan kali ini yang akan kita bahasa adalah sebuah tutorial cara mengakses rooting pada ponsel sony xperia terbaru yang mempunyai type sony xperia xz/xz dual/xzs tanpa menggunakan komputer atau Laptop dimana seperti yang sudah kita fahami bersama bahwa akses rooting ini bagi sebagian orang sangat bermanfaat keberadaanya.

Kebanyakan orang jorjoran untuk sekedar akses rooting pada ponsel mereka dari mulai oprek oprek tanpa kenal lelah atau sampai sampai pergi cari jasa service atau jasa rooting di daerah terdekat mereka hanya sekedar akses rooting, lalu yang jadi pertanyaanya apa sih manfaat dari akses rooting sehingga banyak orang yang ngebet ingin ponselnya di rooting? yuks simak dulu sedikit penjelasan dari mulai kelebihan dan kekurangan ponsel yang rooting.

Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Yang Rooting.
Sebelum kita lanjut kepada tutorial cara root sony xperia XZ/XZS ada baiknya kita pahami dulu apa itu akses rooting dari segi kelebihan (manfaat) yang kita terima atau kekurangan (resiko) yang akan kita dapatkan jika ponse kita sudah berhasil dirooting dan berikut ini sedikit uraian dari orang newbie seputar android:

Kelebihan Akses Root
Akses rooting pada sebuha ponsel itu ibarat sebuah kuncen yang menjaga sebuah bangunan besar dimana kuncen tersebut bertugas membuka atau menutup pintu bangunan tersebut dari akses orang orang luar untuk masuk kedalam, jadi akses rooting pada ponsel kita itu hampir mirip seperti kuncen tersebut yang akan mengatur sebuah perintah apakah boleh atau tidak di akses system terdalam untuk perluan modifikasi atau tidak kalau mau menggunakannya tinggal pilih saja ijinkan pada pemberitahuan akses rooting atau kalau kita menolak tinggal pilih saja tolak akses rooting, untuk kelebihan akses rooting itu sendiri kalau kita hitung satu persatu tentnya akan sangat susah karena akses root ini akan terasa manfaatnya tergantung gaya seseorang yang menggunakan ponsel tersebut, misalkan orang yang suka game pasti memanfaatkan akses root ini untuk modifikasi game, chaet game, atau bikin bot game dll.

Atau untuk sebagian kalangan akses rooting ini kadang digunakan untuk hide mock location untuk mengelabui sebuah aplikasi agar kita bisa memakai mock loaction yang diblokir pada aplikasi tersebut, bisa juga akses rooting ini digunakan untuk memasang twrp recovery, ganti custom rom, dan lain sebagainya mudah mudahan pada kesempatan yang lain akan kami kupas tuntas.

Kelemahan Ponsel yang Sudah Diroot.
sesuatu didunia ini tentunya tidak akan bisa lepas dari dua hal yaitu efek positive dan negatif dimana keduanya itu akan muncul secara beriringan tergantung dari sudut pandang, situasi atau kondisi lainnya bergitu juga dengan askses rooting ini selain berjuta manfaat tentunya ada beberapa kelemahan dari ponsel yang sudah dibongkar akses rootingnya;
  • Ponsel yang sudah dirooting ini sudah pasti akan mendapatkan penangguhan garansi dari perusahaan yang mengeluarkan ponsel tersebut sampai ponsel di unroot
  • Ponsel yang suda dirooting akan rentang dari serangan virus karena virus akan sangat mudah untuk masuk ke dalam system terdalam dengan akses rooting sehingga akan cepat menyebar kedalam seluruh system ponsel
  • Kelemana lainnya dari ponsel yang sudah di rooting ini adalah rawan terjadi bootloop atau error system karena ulah pemakai yang kurang paham dalam memanage ponsel yang sudah dirooting ini sehingga alih alih mendapat manfaat dari modifikasi ponsel malah mendapat system yang error karena salah oprek.
Cara Root Sony Xperia XZ/Dual, XZS Tanpa PC.
  1. seperti biasa untuk melakukan proses rooting pada ponsel sony xperia khususnya os android terbaru seperti, Nougat, Ore atau pie ini biasanya membutuhkan bootloader yang terbuka sehingga syarat yang utama dalam akses rooting ponsel sony xperia tersebut adalah melakukan unlock bootloader pada ponsel tersebut seblum memasang twrp.
  2. Kalau ponsel sudah di UBL (unlockbootloader) selanjutnya agan pasang twrp/custom recovery pada ponsel sony xperia XZ atau XZS.
  3. Download Magisk.zip pada site resmi 
  4. Simpan File magisk zip pada internal atau sdcard jika ada
  5. Boot ke TWRP (cara boot ke TWRP sony biasanya dalam keadaan ponsel mati teken power lalau sebelum ponsel mau menyala teken beberapa kali volume atas hingga led ponsel nyala dan berubah warna 
  6. Kalau sudah masuk ke menu twrp tinggal pilih Install pada menu twrp sebelah kiri atas
  7. lalu arahkan pada magisk.zip yang telah tadi disimpan pada internal atau sdcard
  8. pilih dan klik yes dan yes
  9. kemudian pilih reboot system
  10. Selesai.