Cara UBL Sony Xperia X Performance Docomo/AU

Cara UBL Sony xperia X Performance Docomo atau Au (F181,F182,SO-04H, 502SO, SOV33) pastikan dulu bahwa ponsel agan salah satu dari type sony xperia x performance diatas baik itu versi global seperti F181/F182 atau versi docomo S0-04H atau versi Au 502so atau versi SOV33 dan yang kedua syarat agar ponsel sony anda bisa diroot dengan cara melakukan cek pada mesin anda apakah diperbolehkan untuk di ubl atau gak karena tidak semua ponse sony global bisa diubl dan sebaliknya tidak semua ponsel docomo atau ponsel sony non global tidak bisa di ubl karena saya pernah melakukan ubl untuk docomo dan 502so asal dengan catatan ponsel ini pada mesinnya diperbolehkan untuk di UBL.


Lalu yang jadi pertanyaan bagimana cara melihat apaka ponsel kita diperbolehkan untuk di ubl atau tidak bagaimana cara melihatnya?? makan untuk mengecek apakah ponsel kita diperbolehkan untuk diubl atau tidak degan cara cek lewat kode rahasia pertama anda dial ke *#*#7378423#*#* kemudian pilih service info dan pilih configuration lalu perhatikan rooting status apakah allowed yes atau no kalau yes maka selamat agan bisa lanjut ke proses selanjutnya namun jika status bootloader allowed No maka harap bersabar ponsel anda tidak bisa di ubl secara resmi mungkin mesti di ubl secara non resmi dengan resiko yang wajib ditanggung seperti ponsel blank atau mati total.

Bagi yang laporan status bootloadernya allowe "yes" ikuti tutorial cara ubl sony x performance dibawah ini selengkapnya.

Langkah Langkah Unlock Bootloader Sony X Performance Global, Docomo atau ponse japan lainnya.
  1. Pertama kunjungi web sony https://developer.sony.com/develop/open-devices/get-started/unlock-bootloader/
  2. Kemudian pilih device atau type ponsel yang mau di ubl disini kalian harus memilih sony x performance pada pemilihan select your devices
  3. Maka nanti kamu akan sisuruh untuk memasukan no imei dan alamat email untuk cek no imei agan bisa dial *#06# masukan no imei yang tertera dan ingat jangan dimasukan no imei yang paling terakhir misalnya no imei ponsel agan 087654321 maka angka 1 jangan ditulis 
  4. pada kolom imei tapi yang ditulis hanya 08765432 saja ya.
  5. terus untuk alamat imei agan isikan alamat email yang aktif bisa alamt gmail atau yahoo kalau saya suka gmail
  6. kenapa alamat email yang aktif karena kod ubl akan dikirim langsung ke alamat gamil/email yang akan pilih tadi
  7. Kalau sudah menemukan kodenya silahkan dicatat dulu pada notepad atau kerta
  8. kemudian selanjutnya matikan ponsel sony agan
  9. pastikan driver fastboot sony sudah terpasang pada komputer anda.
  10. dalam keadaan ponsel sony mati sambungkan ke pc sambil tahan volume bawah.
  11. maka secara otomatis ponse sony akan masuk ke mode fastboot biasanya ditandai dengan led notifikasi berwarna biru atau ungu bukan hijau karena kalau hijau itu flashmode
  12. kalau ponsel sudah masuk ke mode fastboot buka mini fastboot pada komputer lalu ketikan perintah "fastboot oem unlock 0xmasukankode"
  13. gani warna merah dengan kode yang agan dapat pada email/gmail lalu enter maka ponse akan reboot dan melakukan reset data secara otomatis kalau ponsel agan mereset data itu artinya proses ubl berjalan dengan lancar.
Selamat proses ubl berjalan mulus tinggal agan tunggu proses boot agak lama dari biasanya karean sedang proses reset data dan ingat sebelum melakukan ubl ini pastikan ponsel anda sudah di backup seperti foto atau data data lainnya karena takutnya data pada internal akan hilang semua karena proses ubl ini biasanya menghapus data pada internal secara keseluruhan.